Pages

Senin, 07 Oktober 2013

Ini 10 Aplikasi Smartphone Populer di Indonesia



Salah satu perusahaan informasi dan pengukuran global terkemuka, Nielsen merilis data terbaru mengenai 10 aplikasi yang paling sering digunakan pengguna smartphone di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pihaknya memandang aplikasi memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pasar mobile dan telah melonjak dalam beberapa terakhir ini.
Dari daftar 10 teratas itu, aplikasi Facebook mobile menempati urutan pertama yang banyak dipakai pengguna smartphone di tanah air. Sementara posisi kedua dipegang oleh aplikasi yang dulunya sempat eksklusif milik satu perangkat, yakni BlackBerry Messenger (BBM). Seperti diketahui, BBM sudah mulai hadir di platform Android dan iOS Apple. Facebook pun berhasil mengungguli pesaing terdekatnya, aplikasi Twitter yang bertengger di posisi delapan.
Ada empat aplikasi pesan instan mobile, termasuk BBM yang masuk ke dalam daftar termasuk, WhatsApp, LINE, dan WeChat yang masing-masing secara berurutan menempati psosi ketiga hingga kelima. Ini artinya, keberadaan pesan instan menjadi semakin penting untuk hadir di setiap platform smartphone pengguna di Indonesia.
aplikasi
Sementara itu, dua aplikasi besutan Google juga tak luput dari Top 10 tersebut, yakni Play Store di posisi ketujuh dan Youtube mobile berada di posisi kesembilan. Lalu di posisi terakhir ada aplikasi store BlackBerry World. Baik Google maupun BlackBerry mesti berbangga dengan hasil ini. Sebab, ada lebih dari satu aplikasinya yang begitu populer di kalangan penguna smartphone di Indonesia.
“Pengguna smartphone di Asia sangat menyukai penggunaan aplikasi dan jumlah pengguna aplikasi di Asia berkembang pesat, sehingga memberikan peluang yang luar biasa bagi para brand marketers untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.” kata Sagar Phadke, Direktur Nielsen Telecom dan Technology Practice untuk kawasan Asia Pasifik dalam sebuah siaran pers yang diterima JagatReview.com.
Dibanding tiga negara lainnya, Indonesia berada di posisi terakhir dalam hal menghabiskan waktu per harinya mengakses aplikasi smartphone. Menurut Nielsen, pengguna aplikasi smartphone di Indonesia umumnya menghabiskan waktu rata-rata 40 menit per hari. Sementara Malaysia berada di urutan pertama dengan penggunaan rata-rata 66 menit per hari, lalu diikuti Thailand dan Filipina, masing-masing sebanyak 46 menit dan 41 menit per harinya.
“Pemilik smartphone di Asia Tenggara menghabiskan waktu rata-rata sekitar tiga-perempat jam sehari untuk menggunakan aplikasi,” imbuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar