Pages

Senin, 25 November 2013

Menghadapi Teknologi Ultra HD, Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 805



Saat ini hampir semua smartphone atau tablet android paling mumpuni menggunakan SoC (System on a Chip) Snapdragon 800. Akan tetapi hal itu tidak membuat Qualcomm berpuas diri, melainkan mereka terus melakukan inovasi terbaru demi menghadapi perkembangan teknologi. Dalam menghadapi persaingan chipset untuk perangkat mobile, belum lama ini Qualcomm secara resmi memperkenalkan chipset terbaru mereka yakni Qualcomm Snapdragon 805 yang dirancang untuk perangkat mobile seperti tablet atau smartphone. Pihak Qualcomm juga mengklaim bahwa chipset terbarunya ini sudah mendukung teknologi Ultra HD.
Qualcomm Snapdragon 805 terdiri dari CPU Quad Core Krait 450 dengan kecepatan hingga 2,5GHz dan memiliki kecepatan memori hingga 25,6GB/detik. Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon 805 hadir dengan GPU baru yang dijuluki Adreno 420, dan diklaim memiliki kinerja 40% lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Snapdragon 805 dirancang untuk memberikan kinerja yang lebih baik dan kualitas tertinggi pada saat merekam ataupun memutar video, yakni dengan resolusi mencapai Ultra HD (4K).
Menggunakan smartphone atau tablet yang didukung oleh prosesor Snapdragon 805 adalah seperti memiliki home theater UltraHD di saku Anda. Memutar dan merekam video dengan kualitas 4K, dimana semuanya dirancang untuk ponsel”, kata Murthy Renduchintala, wakil presiden eksekutif Qualcomm Technologies, Inc , dan co-presiden QCT.
Prosesor baru ini juga akan hadir dengan modem Gobi MDM9x25 28nm yang diumumkan pada awal tahun ini, dalam rangka mendukung sejumlah operator LTE (demi menghasilkan kecepatan yang lebih tinggi) dan LTE 4 150Mbps. Pilihan lainnya adalah dengan modem LTE terbaru, yakni Gobi MDM9x35 20nm yang dipasangkan dengan Chip WTR3925 yang diyakini memperoleh kecepatan download hingga 300Mbps via LTE Advance.
Qualcomm Snapdragon 805 hadir sebagai jawaban Qualcomm atas pengembangan dan peluncuran prosesor terbaru Mediatek MT6592. Kehadiran teknologi ini seakan menjadi pembanding langsung dengan teknologi serupa yang dihadirkan oleh kompetitornya,Mediatek MT6592. Hingga saat ini, Snapdragon 805 masih berada pada tahap percontohan. Menurut Qualcomm, prosesor terbarunya ini baru akan ada di pasaran pertengahan tahun 2014.

0 komentar:

Posting Komentar